Portofolio
Pengelola Lingkungan Belajar
Oleh : Abudzar Alghifari
105514036
S1 ELKOM 2 2010
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2013
Deskripsi
kegiatan SBM :
1. Strategi mengajar / Pengelolaan
lingkugan belajar :
Dalam
bab ini mahasiswa sebagai pengajar pada tingkatan smk yang akan melakukan strategi-strategi
pembelajaran, khususnya dalam hal pengelolaan pembelajaran pada suatu kelas
Dimana
hal ini sangat penting karena dalam melakukan strategi pembelajaran akan
mempermudah kita untuk menyampaikan suatu ilmu kepada para murid didik
Salah
satu strateginya adalah memberikan tugas secara individu maupun kelompok yang
bervariasi, baik tugas didalam kelas ataupun observasi pada luar kelas, pada
lampiran slide akan dijelaskan bagaimana kita akan mengatur kelas tersebut dan
tata cara yang harus dipenuhi, seperti tujuan dilakukan pembelajaran dan
etika-etika saat melakukan observasi
2. Pembuatan silabus
silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok
mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi
dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian,
alokasi waktu, dan sumber/ bahan/ alat belajar.
silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi
dasar ke dalam materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapian kompetensi untuk penilaian.
3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Rencana Pelaksanaan Pendidikan (RPP) pada
hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau
memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran. dengan demikian RPP
merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran
Pada
pertemuan ini mahasiswa diberi pengertian tentang pembuatan RPP yang sangat
kompeten untuk model pembelajaran PBL (problem based learnig), kemudian diberi
tugas untuk membuat RPP tersebut
Perkelompok
dengan SK-KD yang sudah ditentukan, yaitu pada satuan pendidikan kejuruan
khususnya pada jurusan Elektronika. Mulai rencana awal hinggan akhir pertemuan
pembelajaran yang membahasa suatu bab tertentu dengan metode hight order
thingking, atau secara mandiri siswa dapat mengatur dan memposisikan diri untuk
menangani suatu problem, dan guru hanya sebagai pendamping siswa
4. Proses Berpikir tingkat tinggi /
Hight Order Thingking
kemampuan berpikir tingkat tinggi menurut taksonomi
bloom, dengan mengelompokkan proses yang
digunakan siswa untuk memperoleh pengetahuan terdiri atas dimensi pengetahuan
dan proses. Dimana dimensi pengetahuan mencakup pengetahuan factual, konseptual,
procedural, dan metakognitif.
Proses
terdiri dari atas kategori mengingat, memahami, aplikasikan, analisis,
evaluasi, dan menciptakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar