Total Tayangan Halaman

Rabu, 02 Januari 2013

portofolio


Portofolio
Pengelola Lingkungan Belajar




Oleh : Abudzar Alghifari
105514036
S1 ELKOM 2 2010
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2013




Deskripsi kegiatan SBM :

1.      Strategi mengajar / Pengelolaan lingkugan belajar :
Dalam bab ini mahasiswa sebagai pengajar pada tingkatan smk yang akan melakukan strategi-strategi pembelajaran, khususnya dalam hal pengelolaan pembelajaran pada suatu kelas
Dimana hal ini sangat penting karena dalam melakukan strategi pembelajaran akan mempermudah kita untuk menyampaikan suatu ilmu kepada para murid didik
Salah satu strateginya adalah memberikan tugas secara individu maupun kelompok yang bervariasi, baik tugas didalam kelas ataupun observasi pada luar kelas, pada lampiran slide akan dijelaskan bagaimana kita akan mengatur kelas tersebut dan tata cara yang harus dipenuhi, seperti tujuan dilakukan pembelajaran dan etika-etika saat melakukan observasi

2.      Pembuatan silabus
silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/ bahan/ alat belajar.
silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapian kompetensi untuk penilaian.


3.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Rencana Pelaksanaan Pendidikan (RPP) pada hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran. dengan demikian RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
Pada pertemuan ini mahasiswa diberi pengertian tentang pembuatan RPP yang sangat kompeten untuk model pembelajaran PBL (problem based learnig), kemudian diberi tugas untuk membuat RPP tersebut
Perkelompok dengan SK-KD yang sudah ditentukan, yaitu pada satuan pendidikan kejuruan khususnya pada jurusan Elektronika. Mulai rencana awal hinggan akhir pertemuan pembelajaran yang membahasa suatu bab tertentu dengan metode hight order thingking, atau secara mandiri siswa dapat mengatur dan memposisikan diri untuk menangani suatu problem, dan guru hanya sebagai pendamping siswa

4.      Proses Berpikir tingkat tinggi / Hight Order Thingking

kemampuan berpikir tingkat tinggi menurut taksonomi bloom, dengan  mengelompokkan proses yang digunakan siswa untuk memperoleh pengetahuan terdiri atas dimensi pengetahuan dan proses. Dimana dimensi pengetahuan mencakup pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif.
 Proses terdiri dari atas kategori mengingat, memahami, aplikasikan, analisis, evaluasi, dan menciptakan                   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar